Executive summary peningkatan akseptor melalui pembentukan



Yüklə 6,85 Kb.
tarix18.05.2018
ölçüsü6,85 Kb.

EXECUTIVE SUMMARY
PENINGKATAN AKSEPTOR MELALUI PEMBENTUKAN

KELOMPOK MOTIVATOR KB DI KABUPATEN TABALONG


Arah Kebijakan pembangunan nasional periode 2015-2019, BKKBN di beri mandat untuk dapat turut mensukseskan agenda prioritas pembangunan (Nawacita) terutama agenda prioritas ke 5 (lima) “meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia” melalui pembangunan kependudukan dan keluarga berencana.

Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Tabalong merupakan salah satu sektor dalam pencapaian visi yaitu mewujudkan kabupaten tabalong yang agamis, sejahtera dan mandiri. Dan misi yang diimplementasikan selain dalam 12 program prioritas pembangunan salah satunya adalah menyediakan pelayanan kesehatan yang murah dan berkualitas, pelayanan kesehatan yang gratis bagi keluarga miskin. Di dalam RPJMD Kabupaten Tabalong tahun 2015-2019 di jelaskan bahwa satu isu strategis permasalahan pembangunan di Kabupaten Tabalong adalah antara lain masih rendahnya pencapaian peserta KB, Sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tabalong.

Dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tabalong khususnya di 12 wilayah kampung KB, maka melalui program KB dipandang sangat strategis oleh Karena itu diperlukan terobosan atau inovasi agar terjadi akselerasi dalam pencapaian program KB. Sesuai milestone yang telah dibuat yang diawali dengan sosialisasi, Pembentukan tim efektif , penyusunan draf pedoman peningkatan kapasitas kelompok motivator KB, identifikasi calon anggota kelompok motivator, rapat stakeholder, dukungan stakeholder, pembentukan kelompok motivator KB, penetapan kelompok motivator KB, penetapan pedoman peningkatan kapasitas kelompok motivator KB dan pelaksanaan sample kelompok motivator KB untuk jangka pendek. Sedangkan untuk jangka menengah dan panjang ada beberapa kegiatan yang juga harus dilaksanakan yaitu sosialiasi kelompok motivator KB, pelatihan dan bimbingan kelompok motivator KB, Identifikasi dan pemetaan PUS, KIE oleh kelompok motivator KB, Monitoring dan evaluasi PUS di lokasi kampung .KB, pelayanan di kampung KB, rapat koordinasi kelompok motivator KB dan monitoring, pengawasan serta evaluasi dan pelaporan.

Permasalahan yang menjadi kendala selama ini adalah kurangnya tenaga penyuluh dan jauh dari ideal, rendahnya pendidikan kader KB serta kurangnya partisipasi tokoh panutan. Untuk mengatasi hal tersebut, di bentuklah kelompok motivator KB di tiap kecamatan se Kabupaten Tabalong.

Dengan terbentuknya kelompok motivator KB, yang akan di bekali pengetahuan dan informasi dengan didasari pedoman pelaksanaan peningkatan kapasitas kelompok motivator, dan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat PUS sehingga dapat menerima dengan sadar program keluarga berencana dan pada akhirnya akan terwujud masyarakat yang sejahtera dan berkualitas.

Di samping itu juga tentu saja akan berdampak pada peningkatan kinerja program Pemberdayaan Perempuan Perlindungan anak dan KB Kabupaten Tabalong. Untuk mengetahui sejauh mana efektifnya proyek inovasi ini berjalan dengan baik, maka telah dilaksanakan uji coba/sample di tiga wilayah, yang mewakili wilayah utara di Desa Lumbang muara Kec. Muara Uya, wilayah tengah Desa Kasiau Kec. Murung Pudak dan wilayah selatan desa Hafalah Kec. Banua lawas.



Dari 3 wilayah ini tergambar bahwa masyarakat PUS yang tadinya enggan menjadi akseptor KB, dengan berbagai alasan diantaranya, efek samping pemakaian alat kontrasepsi, adanya rasa takut dan malu, juga dengan alasan agama, melalui kegiatan uji coba /sample kelompok motivator KB di 3 wilayah telah mampu menjawab permasalahan calon akseptor tersebut, sehingga PUS langsung bisa di layani sesuai alat kontrasepsi yang di inginkan.

Kegiatan kelompok motivator KB terdiri unsur tokoh agama dengan materi program KB menurut pandangan agama, PPKBD, peserta KB lestari di bantu tenaga penyuluh, memberikan penyuluhan tentang program KB. Bidan desa / bidan klinik dengan materi alat kontrasepsi dan pengaturan kehamilan.


Dostları ilə paylaş:


Verilənlər bazası müəlliflik hüququ ilə müdafiə olunur ©genderi.org 2019
rəhbərliyinə müraciət

    Ana səhifə