Nama : Jenly Lampongajo nim : 12 310 077



Yüklə 12,5 Kb.
tarix02.10.2017
ölçüsü12,5 Kb.



Nama : Jenly Lampongajo

NIM : 12 310 077

Sem. / Kelas : III / G

Mata Kuliah : Teknologi dan Media Pendidikan Matematika

Dosen : Navel Mangelep, S.Pd, M.Pd



Bab 5
KOMPUTER

  Kemajuan media komputer memberikan beberapa kelebihan untuk kegiatan produksi audio visual. Pada tahun-tahun belakangan komputer mendapat perhatian besar karena kemampuannya yang dapat digunakan dalam bidang kegiatan pembelajaran. Ditambah dengan teknologi jaringan dan internet, komputer seakanmenjadi primadona dalam kegiatan pembelajaran. Dibalik kehandalan komputer sebagai media pembelajaran terdapat beberapa persoalan yang sebaiknya menjadi bahan pertimbangan awal bagi pengelola pengajaran berbasis komputer: Selanjutnya akan dijelaskan istilah CAI dan CMI yang digunakan dalam kegiatan belajar dengan komputer.

CAI (Computer Assisted Instruction) yaitu penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan dan mengetes kemajuan belajar siswa. CAI dapat sebagai tutor yang menggantikan guru di dalam kelas. CAI juga bermacam-macam bentuknya bergantung kecakapan pendesain dan pengembang pembelajarannya, bisa berbentuk permainan (games), mengajarkan konsep-konsep abstrak yang kemudian dikonkritkan dalam bentuk visual dan audio yang dianimasikan.

CMI (Computer Managed Instruction) digunakan sebagai pembantu pengajar menjalankan fungsi administratif yang meningkat, seperti rekapitulasi data prestasi siswa, database buku/ e-library, kegiatan administratif sekolah seperti pencatatan pembayaran, kuitansi dan lain-lain.

Pada masa sekarang CMI dan CAI bersamaan fungsinya dan kegiatannya seperti pada e-Learning, dimana urusan administrasi dan kegiatan belajar mengajar sudah masuk dalam satu sistem.

Jenis Pengajaran Berbantuan Komputer

Jenis-jenis Pengajaran Berbantuan Komputer adalah sebagai berikut:

Tutorial

Tutorial bertujuan untuk menyampaikan atau menjelaskan materi tertentu dimana komputer menyampaikan materi, mengajukan pertanyaan dan memberikan umpan balik sesuai dengan Drill And Practice (Latihan dan Praktik)

Latih dan praktik dapat diterapkan pada siswa yang sudah mempelajari konsep (kemampuan dasar) dengan tujuan untuk memantapkan konsep yang telah dipelajari, dimana siswa sudah siap mengingat kembali atau mengaplikasikan pengetahuan yang telah dimiliki.

Simulasi

Simulasi digunakan untuk memperagakan sesuatu (keterampilan) sehingga siswa merasa seperti berada dalam keadaan yang sebenarnya. Simulasi banyak digunakan pada pembelajaran materi yang membahayakan, sulit, atau memerlukan biaya tinggi, misalnya untuk melatih pilot pesawat terbang atau pesawat tempur.



Permainan (Game)

Jenis permainan ini tepat jika diterapkan pada siswa yang senang bermain. Bahkan, jika didesain dengan baik sebagai sarana bermain sekaligus belajar, maka akan lebih meningkatkan motivasi belajar siswa.



Karakteristik Pengajaran Berbantuan Komputer

Karakteristik PBK terbagi atas dua bagian, yaitu:

a. Karakteristik umum

Karakteristik umum adalah sifat umum yang ada di setiap model pembelajaran, sehingga masing-masing model pun selalu ada dan melekat pada karakteristik umum ini.

b. Karakteristik khusus

Karakteristik khusus adalah karakteristik pengajaran berbantuan komputer yang mengacu pada masing-masing model. Sehingga akan didapatkan karakteristik yang berbeda-beda pada masing-masing model pembelajaran.



Kriteria Pengajaran Berbantuan Komputer yang baik

Northwest Regional Educational Laboratory menetapkan 21 kriteria suatu pengajaran berbantuan komputer dikatakan baik, yaitu:

1. Isi harus tepat.

2. Memuat nilai pendidikan.

3. Memuat nilai-nilai yang baik.

4. Bebas dari ras, etnis, seks dan steriotip lainnya.

5. Tujuan (pembelajaran) dinyatakan dengan baik.

6. Isi sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.

7. Penyampaian materi jelas.

8. Kesesuaian tingkat kesukaran, kesesuaian penggunaan warna, suara dan grafis.

9. Kesesuaian tingkat motivasi.

10. Menantang kreativitas siswa.

11. Umpan balik efektif.

12. Kontrol di tangan siswa.

13. Materi sesuai dengan pengalaman belajar siswa sebelumnya.

14. Materi dapat digeneralisasikan.

15. Program harus sempurna.

16. Program ditata dengan baik.

17. Pengaturan tampilan efektif.

18. Pembelajaran jelas.

19. Membantu dan memudahkan guru.

20. Sesuai dengan perkembangan teknologi komputer.



21. Program sudah diujicoba.


Dostları ilə paylaş:


Verilənlər bazası müəlliflik hüququ ilə müdafiə olunur ©genderi.org 2019
rəhbərliyinə müraciət

    Ana səhifə